Monday, March 19, 2012

Khasiat di Balik Buah Berwarna Merah

Beragam buah berwarna merah tersebar di alam. Di antaranya tomat, stroberi, semangka, apel, bit, anggur merah, dan ceri. Warna kulit yang terbentuk secara alami ini yak hanya berguna untuk membuat buah tampil menarik, tetapi juga memiliki khasiat tersendiri.
Warna merah pada buah ternyata mengandung pigmen yang berguna untuk melawan penyakit. Selain itu, zat likopen juga terdapat di dalamnya. Zat ini berperan menjaga kesehatan sel dan mampu mengurangi resiko kanker. Berikut ini sejumlah buah yang berwarna merah dan khasiatnya.

Tomat
Buah ini mengandung vitamin A, B1, dan C. Tomat merah dapat mencegah gangguan kesehatan, seperti gusi berdarah, rabun senja, dan usus buntu. Bahkan, dapat mencegah kanker prostat dan kanker payudara.

Stroberi
Buah ini menyimpan oksidan tinggi guna melawan zat radikal bebas. Terdapat kandungan provitamin A, vitamin B1, dan C di dalamnya. Dari sisi kesehatan, buah ini berguna untuk mengobati gangguan pada kandung kemih, menjadi antivirus, dan mencegah resiko kanker.

Apel
Tak jauh berbeda dengan tomat, vitamin A, B, dan C juga terdapat di dalam apel. Selain dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, buah ini juga mampu mencegah resiko kanker. Bagi yang sedang menjalani program diet, dapat menjadikannya sebagai pengganti karbohidrat karena dapat meminimalkan nafsu makan yang berlebihan.

Semangka
Buah semangka memiliki kandungan vitamin C dan provitamin A. Ternyata semangka dapat menjadi anti-alergi. Khasiat lainnya adalah dapat menurunkan kadar kolesterol dan mencegah resiko penyakit jantung.


Bit
Buah mungil yang masih menyertakan akar ini dapat kita jumpai di supermarket. Warna merah pada buah bit disebabkan oleh gabungan pigmen ungu betasianin dan pigmen kuning betasantin. Kandungan karbohidrat dan zat besi yang ada di dalamnya dapat membantu darah mengantarkan oksigen ke otak.
Buah bit dapat diolah menjadi minuman dengan menyaring ampasnya lebih dahulu. Buah ini dapat membantu meningkatkan fungsi hati dan kantong empedu, menghancurkan sel tumor, dan menurunkan kadar kolesterol. Anda yang kekurangan darah dapat mengonsumsinya secara teratur karena dapat membantu meningkatkan produksi sel-sel darah merah

sumber: Kompas

No comments:

Post a Comment